Metode ini dapat dilakukan dengan cara memberikan tugas
kepada siswa (perorangan) atau kelompok. Tugas yang diberikan bisa berupa suatu
soal yang berupa masalah yang harus dipecahkan. Atau bisa berupa mempelajari
suatu materi pelajaran yang akan disampaikan.
Dalam metode ini analisis siswa atau pemahaman siswa
terhadap materi atau masalah yang diangkat sangatlah penting. Karena nantinya
akan dipresentasikan di depan kelas. Sehingga, peranan guru masih diperlukan
untuk membetulkan jika terjadi kesalahan.
Kelebihan
- Dapat mengembangkan mental siswa untuk berani mempresentasikan apa yang mereka peroleh.
- Pembelajaran terfokus pada siswa.
- Siswa akan belajar untuk bekerja sama (jika dalam kelompok).
- Siswa akan belajar menghargai pendapat orang lain ketika presentasi.
Kekurangan
- Apabila terjadi kesalahan pada pemahaman presentator, akan terjadi kesalahpahaman pada siswa lain (dalam presentasi).
- Apabila presentator tidak bisa menyampaikan materi secara baik, akan terjadi kesalahpaman pada siswa lain.
- Keberhasilan tergantung pada pemahaman dan penguasaan para siswa terhadap materi yang dipelajarinya.
Comments
Post a Comment
Don't be shy to leave your comment