Metode pembelajaran ini dapat dilakukan dengan cara:
- Membentuk kelompok-kelompok dengan anggota sesuai subbab yang akan dipelajari (disebut ‘Kelompok Utama’).
- Setiap kelompok yang sudah terbentuk, mengirimkan delegasinya untuk mempelajari subbab (membentuk kelompok lagi yang disebut ‘Kelompok Ahli’). Tujuannya, setiap siswa di kelompok ahli ini, memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menguasai subbab tersebut.
- Setelah mendalami subbab dalam kelompok ahli, mereka kembali ke kelompok masing-masing (kelompok utama).
- Setelah itu, masing-masing siswa menerangkan subbab yang telah dipelajari di kelompok ahli, kepada siswa lain (di kelompok utama). Tujuannya, setiap siswa memahami seluruh bahasan dari Bab tersebut.
Kelebihan
- Para siswa akan dapat menguasai pelajaran lebih karena mereka memiliki beban tanggung jawab terhadap kelompoknya masing-masing.
- Murid menjadi aktif dalam pembelajaran (terpusat pada murid).
Kelemahan
- Biasanya akan memakan waktu lama.
- Apabila ada siswa yang salah atau kurang paham pada saat mempelajari subbab di kelompok ahli, maka semua siswa pada kelompok utama dari kelompoknya akan salah atau kurang paham juga.
- Apabila ada siswa yang malas, maka akan berimbas pada anggota lain kelompoknya (kelompok utama).
Comments
Post a Comment
Don't be shy to leave your comment