Motede ini adalah suatu metode untuk membuktikan teori yang
dipelajarai, apakah teori tersebut sesuai dengan kenyataannya. Pada metode ini,
siswa diajak untuk aktif melakukan kegiatan eksperimen untuk menganalisis,
menguji coba suatu objek, menamati suatu proses dan menarik kesimpulan sendiri
dari percobaan.
Dalam melakukan eksperimen, para siswa dapat melakukannya
sendiri-sendiri atau kelompok. Tergantung dari alat dan bahan yang
tersedia. Dan juga, sebelum melakukan
eksperimen, guru harus memberi tahu tujuan, proses kerja, dan pengatan yang
harus diketahui dan dilakukan dalam eksperimen. Dan pemahaman guru sangat
diperlukan untuk membimbing jalannya eksperimen.
Kelebihan
- Siswa aktif belajar dan menemukan sendiri maksud dari pelajaran.
- Pengetahuan yang diperoleh oleh siswa lebih lama diingat.
- Meningkatkan daya pikir siswa untuk dalam menganalisis dan menyimpulakan suatu hal.
- Siswa belajar untuk bekerja sama (jika eksperimen dilakukan secara kelompok).
Kekurangan
- Jika dalam proses kerja terjadi kesalahan, maka hasilnya juga akan salah.
- Pembelajaran akan terganggu apabila alat dan bahan kurang atau dalam kondisi kurang baik.
- Butuh biaya lebih untuk mengadakan alat dan bahan.
Comments
Post a Comment
Don't be shy to leave your comment